GENERASI PENERUS FORUM ANAK KELURAHAN BATULAYANG MENGADAKAN REGENERASI UNTUK MEMBENTUK ANGGOTA BARU

PONTIANAK (4/7) Generasi Penerus Forum Anak Kelurahan Batulayang mengadakan proses regenerasi yang berhasil untuk membentuk anggota baru yang akan meneruskan tongkat estafet peran mereka dalam memperjuangkan hak-hak anak dan partisipasi dalam pengambilan keputusan.


Proses regenerasi ini dihadiri oleh anggota lama Forum Anak yang telah aktif dalam beberapa tahun terakhir. Mereka memberikan panduan dan berbagi pengalaman mereka dengan semangat yang tinggi untuk menginspirasi anggota baru yang akan datang. Acara regenerasi ini bertujuan untuk mencari anak-anak berpotensi dan berkomitmen tinggi untuk bergabung dalam forum yang telah menjadi wadah penting bagi partisipasi anak-anak dalam kebijakan dan program yang berdampak pada mereka.


Proses seleksi anggota baru dilakukan secara ketat, melibatkan beberapa tahap penilaian. Pertama, anak-anak diundang untuk mengajukan diri mereka dengan mengisi formulir pendaftaran secara online yang berisi informasi tentang minat, pengalaman, dan pandangan mereka tentang peran Forum Anak Batulayang. Selanjutnya, tahap wawancara dan diskusi kelompok dilakukan untuk mengevaluasi komitmen, pemahaman, dan keterampilan sosial anggota calon.


Selama proses regenerasi, pihak penyelenggara sangat berkomitmen untuk memastikan inklusi dan representasi dari berbagai kelompok anak, termasuk anak perempuan, anak berkebutuhan khusus, dan anak-anak dari latar belakang ekonomi yang beragam. Keberagaman ini dianggap krusial agar kepentingan dan aspirasi setiap anak dapat diakomodasi dengan baik dalam setiap keputusan yang dibuat oleh Forum Anak Batulayang.


Setelah melewati serangkaian seleksi yang ketat, 23 anggota baru yang bersemangat dan berbakat berhasil terpilih untuk bergabung dalam Generasi Penerus Forum Anak Batulayang. Acara pengenalan dan orientasi khusus diadakan untuk memperkenalkan anggota baru kepada tugas, tanggung jawab, dan mekanisme kerja Forum Anak Batulayang. Mereka juga diberi kesempatan untuk bertemu dengan anggota lama untuk memahami lebih baik tentang lingkungan kerja dan kegiatan Forum Anak Batulayang.


Dengan adanya regenerasi ini, Generasi Penerus Forum Anak Batulayang kini siap melangkah maju dengan semangat baru untuk terus berperan aktif dalam mewujudkan hak-hak anak dan meningkatkan peran anak-anak dalam pembangunan wilayah. Mereka berkomitmen untuk mengatasi berbagai tantangan dan bekerja sama dengan pemerintah daerah. (Ulil Albab)